7 Manfaat ketika Rajin Melakukan Teknik Relaksasi

Relaksasi dapat menjadi cara untuk menghilangkan emosi negatif di dalam tubuh. Dengan teknik relaksasi yang tepat, Anda bisa merasakan tubuh lebih enteng dan stres bisa berkurang. Karena itu, tak heran jika saat ini banyak masyarakat rela mengorbankan waktu berjam-jam untuk melakukan relaksasi yang berguna bagi tubuh dan jiwanya.

Namun, seberapa efektif sih teknik relaksasi memberikan manfaat bagi raga dan jiwa Anda? Mungkin Anda yang masih ragu untuk melakukan relaksasi secara rutin kerap bertanya-tanya mengenal hal ini. Jawabannya, teknik relaksasi yang dilakukan secara rutin dan benar memang memiliki manfaat efektif untuk kesehatan raga sampai mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika rutin melakukan relaksasi. Nyatanya bukan hanya perasaan saja ketika Anda merasa lebih enteng setelah melakukan teknik relaksasi. Soalnya, berbagai manfaat kebugaran jiwa maupun raga ini benar-benar telah terbukti bagi mereka yang rajin melakukan relaksasi.

  1. Menghalau Depresi

Adalah hal yang lumrah ketika tiap orang merasa stress terkait sesuatu asalkan stres tersebut tetap terkendali dan tidak mengarah ke bentuk depresi. Ketika melakukan teknik relaksasi yang tepat, Anda akan lebih mudah untuk mengontrol tingkat stres. Pasalnya, hormon serotonin dan dopamine dapat ditingkatkan dengan cara relaksasi yang membuat pikiran Anda lebih rileks.

  • Meningkatkan Imunitas

Relaksasi secara rutin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih tahan bantin terhadap segala jenis peradangan. Imunitas yang meningkat dikarenakan tingkat stress Anda menjadi lebih rendah akibat bisa dikelola dengan baik melalui teknik relaksasi.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Seseorang dengan tingkat stres tinggi cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi pula. Sebaliknya ketika Anda bisa mengelola stres secara baik, tekanan darah juga bisa dikontrol dengan baik pula. Karena itu, relaksasi sangat disarankan bagi Anda yang memiliki masalah hipertensi.

  • Melindungi Jantung

Jantung Anda akan lebih terlindungi ketika Anda rajin melakukan teknik relaksasi yang tepat. Pasalnya ketika stres berkurang akibat relaksasi, adrenalin mampu diturunkan sehingga detak jantung menjadi lebih lambat. Kondisi detak jantung yang tidak terlalu cepat ini baik untuk kesehatan pompa jantung karena bisa menghindarkan Anda dari serangan jantung yang mendadak.

  • Mengurangi Risiko Stroke

Tahu tidak, penelitian membuktikan, orang-orang yang rajin melakukan relaksasi ternyata memiliki risiko terserang stroke 24 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak aktif melakukan teknik relaksasi. Pasalnya, faktor risiko penyebab stroke, seperti tekanan darah tinggi serta penyakit kardivaskular juga dapat dikontrol dengan metode relaksasi.

  • Mendapat Inspirasi

Stres membuat pikiran Anda buntu karena dapat membunuh sel-sel otak di hipokampus, yang terkait dengan pemikiran kompleks dan pemecahan masalah. Makanya itu ketika Anda rajin melakukan relaksasi dan mampu mengelola stress, pikiran Anda menjadi lebih jernih. Anda pun akan lebih peka terhadap berbagai inspirasi yang lahir dari buah pikiran Anda.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Ketika Anda stres, harus diakui kinerja otak menjadi terganggu. Anda pun menjadi lebih mudah lupa karena adanya gangguan fungsi korteks prefrontal di otak yang berfungsi untuk mengingat dan belajar. Dengan melakukan teknik relaksasi, stres dapat dilawan dan fungsi korteks prafrontal menjadi optimal kembali. Daya ingat Anda pun kembali meningkat dan menjadi tajam.

***

Ternyata banyak bukan manfaat dari melakukan teknik relaksasi secara tepat? Karena itu, biasakan untuk rutin melakukan relaksasi minimal 3 kali seminggu, ya. Durasi waktu tiap latihan sendiri dianjurkan cukup 20—30 menit.

Kesehatan Mental
Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*