Amputasi Pada Penderita Diabetes, Kenapa Perlu Dilakukan?

Amputasi merupakan salah satu komplikasi terbesar bagi mereka yang menderita diabetes. Apabila Anda menderita diabetes, biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk secara teratur memeriksa kondisi kaki Anda. Namun, Anda mungkin tidak tahu mengapa hal tersebut perlu dilakukan. Jawabannya, karena dalam beberapa kasus, diabetes dapat menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD) yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kaki. Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang disebut dengan nama neuropati perifer yang dapat mencegah Anda merasakan rasa sakit.

Apabila Anda tidak dapat merasakan rasa sakit, Anda mungkin tidak akan sadar kaki Anda terluka atau memiliki koreng. Anda akan terus memberikan tekanan pada area yang terluka, yang menyebabkan koreng terus bertambah dan menjadi infeksi. Aliran darah yang berkurang juga akan menyebabkan proses penyembuhan yang lambat. Selain itu, tubuh Anda juga akan berubah menjadi kurang efektif dalam melawan infeksi. Sebagai hasilnya, luka tidak akan sembuh. Kematian atau kerusakan jaringan dapat terjadi, dan infeksi yang telah ada dapat terus menyebar. Apabila infeksi tidak dapat dihentikan dan kerusakan tidak dapat diperbaiki, amputasi merupakan jalan satu-satunya. Amputasi yang paling umum terjadi pada orang-orang yang menderita diabetes adalah amputasi jari kak dan kaki bawah.

Cara mencegah amputasi pada penderita diabetes

Cara terbaik dalam mencegah amputasi dan komplikasi diabetes parah lainnya adalah dengan mengatur kadar gula darah Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya, di antaranya adalah:

  • Makan diet yang sehat atau daging rendah lemak, buah dan sayur, serat, dan gandum utuh
  • Menghindari minum jus berpemanis tambahan atau soda
  • Mengurangi stres
  • Berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya
  • Menjaga berat badan dan tekanan darah yang sehat
  • Memeriksa kadar gula darah dengan rutin dan teratur
  • Terus menggunakan insulin dan obat-obatan diabetes lain sesuai yang direkomendasikan dan diresepkan oleh dokter

Perawatan kaki yang baik juga dapat membantu Anda mencegah luka atau koreng sebelum menjadi bermasalah. Beberapa tips dalam merawat kaki di antaranya adalah:

  • Lakukan pemeriksaan kaki setiap harinya. Carilah adanya tanda-tanda kemerahan, luka, lebam, lepuhan, atau perubahan warna apapun. Apabila diperlukan, gunakan kaca pembesar agar membantu Anda melihat kaki dengan lebih dekat. Apabila Anda tidak mampu memeriksa kaki Anda sendiri, minta orang lain untuk memeriksanya
  • Secara teratur periksa sensasi pada kaki Anda menggunakan bulu atau obyek ringan lain. Selain itu, pastikan kaki Anda masih dapat merasakan suhu hangat ataupun dingin
  • Gunakan kaus kaki yang kering, bersih, dan tipis yang tidak memiliki pita elastis
  • Gerakkan jari kaki dan pergelangan kaki setiap hari untuk menjaga agar darah tetap mengalir ke kaki Anda

Pastikan Anda melaporkan adanya masalah pada kaki apapun atau gejala neuropati seperti mati rasa, kaki terasa terbakar, ataupun kesemutan pada dokter.

Anda juga perlu mewaspadai masalah kaki lain. Hal-hal yang bagi kebanyakan orang lain terlihat sepele dapat membahayakan keselamatan Anda apabila memiliki diabetes. Cidera yang ringan dapat mudah terinfeksi atau menyebabkan koreng dengan cepat. Apabila Anda memiliki kondisi masalah kaki seperti infeksi jamur, kuku jari yang tumbuh ke dalam, kulit kering, dan tumit yang sakit, hubungi dokter agar mendapatkan evaluasi pemeriksaan. Menjaga dan terus memeriksa kaki dengan rutin merupakan salah satu pencegahan terbaik agar Anda terhindari dari amputasi apabila memiliki penyakit diabetes.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*