Bagaimana Cara Memilih Tensi Meter untuk Penggunaan Pribadi? Simak Tips Berikut!

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi akan sangat penting untuk memiliki tensi meter atau disebut sfigmomanometer. Ini merupakan alat untuk mengukur tekanan darah yang biasanya selalu ada di ruangan dokter. Nah, alat ini juga bisa Anda miliki di rumah. Sebelum membelinya, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih tensi meter untuk penggunaan pribadi Anda.

Memiliki tensi meter sendiri penting karena penderita darah tinggi biasanya disarankan dokter untuk rutin memeriksakan tensinya di rumah. Mungkin alat ini tidak menggantikan kontrol rutin di rumah sakit atau klinik dokter. Akan tetapi, dengan punya tensi meter sendiri di rumah, Anda tidak perlu menunggu jadwal dokter untuk melakukan pemeriksaan tensi.

Bahkan, untuk beberapa kondisi, biasanya penderita darah tinggi disarankan untuk memeriksakan tensinya beberapa kali dalam sehari selama jangka waktu tertentu.

Cara Memilih Tensi Meter untuk Penggunaan Pribadi

Sebenarnya tensi meter ini bisa dengan mudah Anda dapatkan baik di apotek maupun di toko online sekalipun. Harganya pun beragam. Namun, jika Anda bingung dan ragu, berikut beberapa tips dan cara memilih tensi meter sebelum membelinya. 

  • Untuk hasil yang lebih akurat, pilihlah tensi meter yang digunakan di lengan, dibanding tensi meter di jari maupun di pergelangan tangan, sebab hasilnya tidak akurat.
  • Pilih tensi meter yang mampu menampilkan angka tekanan darah. Bahkan sekarang ada pula tensi meter dengan kabel yang bisa terhubung dengan smartphone dan dapat mengirimkan hasilnya ke aplikasi tertentu. Ada juga yang bisa menunjukkan grafik pengukuran tekanan darah rutin.
  • Pastikan juga lilitan manset tensi meternya pas di lengan, tidak sempit maupun longgar. Sehingga pemeriksaannya jadi lebih akurat
  • Pilih tensi meter yang lilitannya bisa menggelembung otomatis. Serta perhatikan juga ukuran angka pada monitor cukup besar agar bisa jelas dibaca.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Tensi Meter

Sebelum membeli tensi meter, pastikan bahwa tensi meter tersebut sesuai dengan kebutuhan dan mudah digunakan. Nah, setelah mengetahui cara memilih tensi meter, pertimbangkan pula hal-hal berikut ini sebelum membelinya.

  1. Memilih Ukuran Manset yang Sesuai

Sebelum membeli tensi meter, pilihlah ukuran kain yang lilitannya pas di bagian lengan Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker agar ukuran yang didapat pas.

  1. Pilih Tensi Meter dengan Harga Terjangkau

Penting juga untuk mempertimbangkan dari segi harga. Biasanya tensi meter yang lebih canggih harganya relatif lebih mahal. Namun, harga mahal belum tentu menjamin akurasi pengukurannya. Jadi, pilihlah tensi meter yang harganya terjangkau selama pengukurannya akurat.

  1. Kemudahan Penggunaan

Sebelum membeli tensi meter, sebaiknya dicoba dulu, baik mencoba membaca angka hasil pengukuran, dan mencoba fitur yang lainnya. Sebab, ada sejumlah alat yang memiliki monitor lebih mudah dibaca.

  1. Fitur

Alat tensi meter yang dibeli pastikan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika alat tensi meter digunakan untuk anggota keluarga, Anda bisa memilih tensi meter dengan fitur bisa menyimpan hasil pengukuran beberapa orang. Atau Anda memilih tensi meter dengan monitor yang besar agar hasilnya mudah dibaca.

  1. Memilih Jenis Tensi Meter

Tensimeter memiliki beragam jenis yang biasanya dijual di pasaran. Ada tensi meter manual dan digital. PIlihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan penggunaannya. Biasanya tensi meter manual cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Sedangkan tensi meter digital lebih mudah dan praktis. 

Poin penting dari cara memilih tensi meter adalah membeli yang sesuai dengan kebutuhan. Sangat lebih baik jika Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mana jenis termometer yang cocok untuk Anda.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*