4 Cara Menghadapi Orang yang Ingin Bunuh Diri

Beberapa waktu lalu terjadi sebuah peristiwa yang menggemparkan dari Bandar Lampung. Seorang pemuda melakukan aksi bunuh diri dengan melompat dari gedung Transmart Lampung.

Mirisnya, kebanyakan orang malah hanya berdiri dan merekam adegan pemuda tersebut melompat dari gedung, bukannya mencoba untuk membujuknya untuk tidak melakukan bunuh diri. Bahkan salah satu dari orang yang merekam aksi bunuh diri yang dilakukan pemuda tersebut malah mendukung agar ia melompat dari gedung.

Tidak hanya itu, kebanyakan orang juga tidak memperlihatkan rasa empati terhadap peristiwa bunuh diri tersebut dan malah menjadikannya sebagai sebuah lelucon.

Melalui peristiwa ini Anda mungkin akan terpikirkan: “Apakah ada cara untuk dapat menolong pemuda tersebut?”

Berikut ini beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk mencegah seseorang untuk melakukan bunuh diri.

  • Kenali Tanda-Tandanya

Sebelum seseorang melakukan bunuh diri, terdapat beberapa perubahan yang terjadi pada orang tersebut. Biasanya orang yang telah memiliki niat untuk melakukan bunuh diri akan sering membicarakan mengenai kematian dan bunuh diri.

Selain itu, individu yang memiliki pemikiran ingin bunuh diri cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya dan lebih memilih untuk sendirian serta cenderung memiliki mood yang berubah-ubah. Terdapat juga perubahan rutinitas, seperti pola tidur atau makan yang tidak teratur.

  • Ajak Berdiskusi

Penelitian yang dilakukan oleh Mathias dan rekan-rekannya pada tahun 2012 di Amerika mengenai bahaya menanyakan pemikiran bunuh diri pada remaja  menemukan bahwa bertanya mengenai bunuh diri tidak akan meningkatkan resiko individu untuk melakukan bunuh diri.

Oleh karenanya, Anda dapat mendukung orang di sekitar Anda yang kemungkinan memiliki keinginan untuk bunuh diri untuk terbuka kepada Anda.

Membicarakan hal apa yang mendorong individu untuk ingin melakukan bunuh diri dapat membantu menenangkan dan membuat orang yang ingin bunuh diri untuk berpikir dan mencari solusi atas permasalahan yang memicunya ingin melakukan bunuh diri.

Saat Anda mendengarkan dan berbicara dengannya, cobalah untuk mengerti emosi yang dialami oleh individu tersebut dan tidak menghakimi apa yang orang tersebut rasakan.

  • Mencari Bantuan Profesional

Saat Anda mendapati bahwa orang yang Anda kenal ingin melakukan bunuh diri, Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan konselor atau psikolog. Anda juga dapat merujuk teman atau keluarga Anda yang mungkin memiliki keinginan untuk bunuh diri ke konselor atau psikolog.

Anda juga dapat mendorongnya untuk menghubungi layanan gawat darurat nasional Kementerian Kesehatan 119 atau contact center Polri 110. Selain itu, terdapat juga beberapa rumah sakit yang menyediakan layanan telepon konseling pencegahan bunuh diri.

  • Temani dan Jaga

Jika seseorang telah mencoba untuk melakukan bunuh diri, temani dan jangan tinggalkan orang tersebut sendirian.

Anda dapat mencoba untuk menenangkannya dan menyingkirkan benda-benda yang dapat digunakannya untuk melukai dirinya. Anda juga dapat segera menelpon contact center Polri 110 ataupun layanan gawat darurat nasional Kementerian Kesehatan 119. 

Semoga langkah-langkah di atas dapat memberikan Anda suatu solusi untuk dapat membantu orang-orang di sekitar Anda yang mungkin memiliki keinginan untuk melakukan bunuh diri.

Namun, yang paling terpenting adalah kepekaan dan keinginan Anda untuk ingin menjangkau dan membantu orang-orang di sekitar Anda yang sedang tertekan dan berniat untuk melakukan bunuh diri.

Kesehatan Mental

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*