Diet Lambung, Makanan Apa Saja Yang Harus Dihindari?

Istilah gastritis atau radang perut merupakan segala kondisi yang mengacu pada kondisi apapun yang berkaitan dengan peradangan pada lapisan perut. Jadi, mengonsumsi makanan tertentu atau mengindari makanan lain yang menjadi pencetusnya dapat menghindari seseorang dari kambuhnya gejala maag mereka.

diet lambung

Diet lambung sendiri biasanya dilakukan bagi orang yang merasa lambung atau bagian perutnya terasa perih atau sakit. Bahkan tidak jarang penderita akan merasakan mual hingga muntah. Umumnya maag disebabkan karena adanya iritasi pada lambung, stres, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu tidak berbeda jauh dengan maag, tukak lambung pun bisa menyebabkan rasa sakit yang sama seperti maag.

Hanya saja tukak lambung adalah penyakit yang lebih buruk daripada maag yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori yang ada di dalam tubuh kita. Diet lambung sendiri dapat meredakan gejala yang dialami karena tukak lambung dan gerd.

Bagi beberapa penderita, gejala dapat hilang dengan cepat setelah dilakukan perawatan ataupun mengonsumsi obat. Namun, bagi beberapa orang dapat berkembangan menjadi lebih buruk lagi. Oleh karena itu, diet makanan ini sangat penting bagi pemulihan pencernaan dan kesehatan Anda secara menyeluruh. Hal yang paling penting dapat membantu meringankan gejala tukak lambung, gerd ataupun maag yang Anda alami.

Makanan Apa saja yang boleh dimakan?

Beberapa makanan tentu sangat baik untuk seseorang yang mengalami masalah pada lambung mereka. Makanan yang digoreng, pedas dan sangat asam adalah makanan yang harus dihindari karena bisa menjadi pencetus munculnya gastritis (tukak lambung, gerd dan maag). Beberapa makanan berikut dapat membantu meringankan gejalanya:

  • Makanan tinggi lemak

Makanan berserat tinggi seerti kacang-kacangan dan biji-bijian, buah beri dan sayuran hijau bermanfaat untuk seluruh sistem pencernaan. Sayuran lain yang tergolong sangat baik bagi lambung adalah brokoli. Selain sebagai sumber serat yang baik, brokoli juga mengandung sulforaphane tingkat tinggi, senyawa yang dapat membunuh bakteri H. Pylori.

  • Makanan kaya lemak sehat

Makanan berlemak adalah pilihan makanananyang harus dihindari bagi penderita tukak lambung, namun makanan dengan lemak sehat adalah pengecualian. Beberapa diantaranya adalah asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon, sarden, walnut, dan biji chia dapat mengurangi peradangan pada lapisan perut dan bahkan memiliki efek pencegahan terhadap tukak lambung dan gerd serta gangguan lambung lainnya. Sumber lemak sehat lainnya adalah alpukat, minyak zaitun, dan berbagai kacang-kacangan serta biji-bijian.

  • Makanan dan minuman probiotik

Pilihan lain untuk para penderita lambung adalah makanan dan minuman probiotik seperti yogurt, kimchi dan kobucha. Menginsumsi makanan atau minuman probiorik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan penyakit. Selain itu, mereka pun dapat meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan lambung.

  • Makanan kaya protein tanpa lemak

Protein dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh gastritis atau tukak lambung pada lapisan perut. Namun, tidak semua protein sama. Jadi, Anda harus memilih protein tanpa lemak seperti dada ayam dan kalkun, putih telur, tuna dan kacang-kacangan.

Makanan yang harus dihindari

Banyak hal yang bisa menyebabkan tukak lambung, gerd dan maag kambuh salah satunya adalah makanan. Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pemicu terjadinya iritasi lambung, misalnya saja mengonsumsi kafein dan makanan pedas. Kedua hal tersebut biasanya yang menjadi pemicu.

Makanan yang tinggi lemak dapat memperburuk peradangan yang terjadi dilapisan perut. Pada beberapa orang, alergi makanan pun dapat memicu tukak lambung. Lalu apa saja mananan atau minuman yang harus dihindari?

  • Makanan dan minuman asam

Saat Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi maka tukak lambung pun langsung kambuh. Makanan dan minuman lain yang dapat mengiritasi perut adalah minuman bersoda, kopi dan tomat.

  • Makanan yang digoreng dan berlemak

Kadar kolesterol tinggi yang ditemukan dalam makanan digoreng dan berlemak tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan terjadinya tukak lambung. Jadi ada baiknya Anda menghindari makanan yang digoreng dan berlemak untuk menghindari masalah lambung yang lebih buruk.

  • Makanan pedas

Seperti yang telah dijelaskan disebelumnya, makanan pedas merupakan salah satu pencetus kambuhnya tukak lambung yang paling parah. Namun tak perlu khawatir beberapa bumbu dapur pun dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat tukak lambung, misalnya saja seperti kayu manis, kunyit dan jahe.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk diet lambung. Namun, jika gejala tukak lambung, maag atau gerd tak kunjung reda, ada baiknya untuk langsung menghubungi dokter dan mengonsultasikannya.  

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*