Fungsi Serum Wajah Yang Perlu Diketahui

Fungsi serum wajah yang paling banyak dicari adalah memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput.

Serum wajah adalah pelembab ringan yang mengandung bahan aktif konsentrasi tinggi seperti asam hialuronat, asam glikolat, dan vitamin C dibandingkan pelembab wajah biasa. Lalu, apa fungsi serum wajah yang sesungguhnya?

Anda mungkin berpikir Anda memiliki rutinitas perawatan kulit yang yang sesuai. Namun, jika Anda belum menambahkan serum wajah ke dalam rutinitas perawatan wajah, Anda mungkin kehilangan bagian yang cukup penting. 

Dikenal karena keefektifannya, serum wajah sering digunakan untuk menangani masalah perawatan kulit tertentu, salah satunya keriput. Serum wajah juga biasanya lebih tipis dari pelembab, yang membuatnya sempurna untuk digunakan sebagai pelapisan. Serum wajah sendiri datang dalam berbagai formula berbeda, termasuk gel, minyak, dan krim ringan, dan bahkan dapat memiliki konsistensi seperti air.

Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang Anda terapkan pada kulit Anda setelah dibersihkan tetapi sebelum melembabkan dengan maksud untuk memberikan suntikan ampuh bahan langsung ke kulit Anda.

Tidak seperti pelembab, serum memiliki basa yang larut dalam lemak yang memungkinkan bahan aktif menembus ke dalam epidermis. Dengan cara ini, serum wajah dapat menawarkan dosis yang sangat terkonsentrasi langsung ke kulit Anda yang membuatnya bagus untuk menargetkan masalah khusus seperti keriput, kecerahan, jerawat, atau hidrasi pada wajah Anda.

Terdapat beberapa manfaat dalam menggunakan serum wajah yang membuat serum menjadi produk perawatan kulit yang populer. Berikut beberapa fungsi serum wajah yang mungkin tidak ingin Anda lewatkan:

  • Serum dapat meminimalisasi bintik gelap pada wajah 

Paparan dan penuaan UV harian dapat menyebabkan penampilan kulit Anda kusam dan perubahan warna seperti bintik hitam. Penggunaan serum membuat kulit diklarifikasi untuk menampakkan kulit bercahaya dan kulit baru. 

  • Mencerahkan tampilan kulit kusam

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda secara alami dapat mulai kehilangan tampilan cahaya.  Serum khusus brightening pada umumnya diformulasikan untuk membantu menerangi tampilan kulit dan merangsang pembaruan sel, menyebabkan kulit yang tampak lebih awet muda.

  • Mengurangi keriput

Serum wajah memainkan peran penting dalam rutinitas perawatan kulit anti penuaan yang efektif. Pilih serum yang mengandung asam hialuronat terhidrasi intens agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Membantu meningkatkan volume wajah

Saat Anda bertambah usia, kulit Anda secara bertahap dapat kehilangan kelembaban dan volume, terutama di daerah-daerah sensitif seperti tulang pipi dan di bawah mata. Untuk menambah volume dan retensi kelembaban di area ini, Anda dapat menggunakan serum yang mengandung asam hialuronat.

  • Membantu mengelola jerawat pada kulit 

Pada umumnya serum kulit dapat membantu dengan hampir semua masalah perawatan kulit, termasuk jerawat. Bahan yang akan Anda temukan dalam serum dan produk perawatan kulit untuk jerawat termasuk benzoil peroksida dan asam salisilat.

  • Membantu mengelupaskan kulit wajah

Serum yang mengandung AHA dan BHA, seperti asam laktat dan asam malat, dapat digunakan untuk melapisi kembali kulit Anda agar terasa lebih halus dan penampilan lebih merata.

Serum wajah memiliki berbagai macam fungsi yang sangat baik bagi wajah Anda. Namun penggunaan serum wajah juga bergantung pada jenis wajah yang Anda miliki. Jadi Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan Anda mengenai serum yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*