Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Udara?

Polusi udara adalah salah satu penyebab masalah kesehatan. Berbagai polusi yang terjadi di daerah seperti limbah pabrik dapat mengganggu aktivitas manusia sehari-hari. Menurut WHO (World Health Organization), sebanyak 7 juta orang meninggal dunia setiap tahun akibat kualitas udara yang buruk.

Kualitas udara bisa dikatakan buruk jika udara mengandung partikel dan gas beracun. Emisi gas buang kendaraan, asap buangan pabrik, dan debu dengan mudah mempengaruhi kualitas udara di lingkungan.

Kualitas udara yang buruk tidak hanya terjadi di luar ruangan, namun juga dapat terjadi di dalam ruangan. Semua orang dapat terpengaruh oleh masalah di udara, namun orang-orang yang lebih rentan terhadap kualitas udara yang buruk adalah anak-anak, orang lanjut usia (lansia), dan orang-orang yang memiliki masalah pernafasan seperti asma.

Menghirup udara yang bersih tidak hanya dilakukan dengan menanam banyak pohon di lingkungan, namun juga melalui berbagai cara. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

Kendaraan berbahan gas adalah salah satu faktor yang memicu polusi di udara. Hal tersebut sulit diatasi, terutama jika lingkungan atau kawasan tempat tinggal Anda dikelilingi oleh banyak kendaraan berbahan gas setiap hari. Hal tersebut dapat memperburuk keadaan di sekitar.

Di London, Inggris, polusi udara adalah salah satu masalah yang serius untuk ditangani. Salah satu penyumbang terbesar polusi di London adalah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, London telah menerapkan regulasi untuk mengurangi polusi seperti sistem pembayaran untuk menggunakan jalanan di London (congestion charge).

  • Menggunakan kendaraan listrik

Cara lain yang perlu dilakukan adalah menggunakan kendaraan listrik. Secara logika, kendaraan listrik tidak menggunakan bahan bakar, meskipun sebagian kendaraan masih menggunakan mesin berbahan bakar (hybrid) jika mobil tersebut kehabisan listrik.

Negara-negara di Eropa menekankan regulasi untuk mengurangi emisi CO2. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan mobil listrik untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Jangan membakar sampah

Jangan membakar sampah adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah di udara. Alih-alih membakar sampah, masyarakat dapat mendaur ulang bahan-bahan tersebut untuk meningkatkan produktivitas. Contoh-contoh bahan yang dapat didaur ulang adalah kertas dan benda-benda berbahan plastik.

  • Jangan merokok

Merokok adalah salah satu faktor penyebab polusi udara. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya berhenti merokok untuk meningkatkan kualitas udara.

Jika masalah di udara terus dibiarkan, maka akan semakin berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Masalah di udara tidak hanya diderita oleh orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan seperti asma, hal tersebut juga memicu seseorang mengalami penyakit yang berhubungan dengan kulit, mata, dan organ tubuh lainnya.

WHO menyatakan bahwa polusi udara yang terjadi di lingkungan dapat memicu penyakit sebagai berikut:

  • Stroke.
  • Penyakit jantung.
  • Infeksi saluran pernafasan akut.
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).
  • Kanker paru-paru.

Kualitas udara dapat diperbaiki jika Anda ikuti cara yang disebutkan di atas. Kualitas udara yang baik akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jika Anda mengalami masalah pada tubuh seperti gangguan pernafasan, yang disebabkan oleh polusi udara, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga diri dengan tetap berada di rumah, agar Anda terhindar dari virus Corona atau Covid-19, karena virus tersebut dapat menyebar melalui udara. Kualitas udara juga dapat menentukan seberapa luas penyebaran virus Corona. Oleh karena itu, setiap orang sebaiknya hindari polusi yang disebabkan oleh faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Hidup Sehat Read More

“Mahar” Pengembangan Vaksin Corona Ditaksir Habis Miliaran Dolar

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona jenis baru, SARS-CoV-2, masih berlangsung tanpa ada jaminan secuil pun kapan semuanya akan mereda. Bahkan di Indonesia dan beberapa negara lain, seperi Amerika Serikat misalnya, covid-19 tengah menunjukkan tren menanjak. Setiap harinya, ratusan orang baru dikonfirmasi terinfeksi virus tersebut. Di satu sisi, pengembangan vaksin corona, yang mungkin bisa menjadi “pelangi” untuk menghapus “badai” ini belum juga mendapat titik terang.

Akan tetapi, upaya menuju ke situ bukan tak sama sekali dilakukan. Sejak pertama kali Covid-19 mewabah di Wuhan, Tiongkok, elemen-elemen yang mendedikasikan dirinya di dunia kesehatan terus berusaha menemukan sesuatu untuk mencegah dan menyudahi serangan tak terduga-duga ini.

Setidaknya tercatat 20 perusahaan atau organisasi sector publik di seluruh dunia tengah berpacu untuk menemukan vaksin corona. Salah satu dari mereka adalah Moderna. Moderna termasuk salah satu dari empat proyek yang didanai oleh Organisasi global yang berbasis di Oslo, Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi Inovasi (CEPI).

Dalam proses kerjanya, Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi Inovasi melalui sang CEO, Richard Hatchett, mengatakan bahwa untuk dapat menemukan vaksin corona butuh “mahar” yang tidak murah. Ia menaksir bahwa pengembangan vaksin corona ini bisa menghabiskan dana sekitar 2 miliar dolar. Tak hanya itu, vaksin ini tak dapat jadi secara instan. Setidaknya butuh 18 bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Mungkin, vaksin corona pertama di dunia baru benar-benar dapat digunakan dalam jangka waktu tersebut, sebab masih menurut Hatchett, Moderna merupakan perusahaan paling cepat dalam “perlombaan” ini. CEPI memang amat memprioritaskan pengembangan vaksin corona tersebut. Oleh karenanya, Moderna yang telah satu visi terus bekerja keras untuk dapat menciptakan “pelangi” tersebut.

CEPI bersama Moderna berpengangan bahwa Covid-19 adalah suatu urgensi yang nyata. Pasalnya, pandemi ini merupakan ancaman bagi dunia yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam 100 tahun terkahir. “Terutama dalam hal kecepatan dan potensi keparahannya,” kata Hacthett, merujuk pandemi Flu Spanyol pada 1918 silam.

Keberhasilan Moderna sebagai yang terdepan datang ketika kepala eksekutifnya, Stephane Bancel, yang pernah menangani flu babi, memanggil kontak di National Institutes of Health. Kemudian, pada musim gugur ini, kedua organisasi telah sepakat untuk menjalankan tes di pabrik perusahaan untuk melihat seberapa cepat mereka dapat menanggapi pandemic Covid-19. Tetapi sebelum kemungkinan terjadi, virus corona tipe baru datang dan menjelma seolah-olah sebagai sebuah tes yang nyata.

Dalam proyek ini, organisasi-organisasi tersebut tentu saja dibantu oleh Tiongkok. Para ilmuwan di Tiongkok menerbitkan secara online genom virus corona yang terdiri dari 30 ribu “huruf” biokimia dari kode genetiknya pada 10 Januari lalu. Dari kode dan urutan genomik tersebut, langkah pertama untuk menemukan vaksin corona bisa ditempuh.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIH), Dr Anthony Fauci, menjelaskan lebih lanjut bahwa para peneliti di organisasinya menyalin bagian dari kode genetik virus yang berisi instruksi bagi sel untuk membuat lonjakan protein. Moderna membungkus “pengantar RNA” itu ke dalam vaksin.

Fauci meyakini dapat menyelesaikan membuat vaksi kurang dari 18 bulan. Timnya akan mencoba mengembangkan teknologi platform untuk memfasilitasi pengembangan vaksin dengan cepat. Salah satu platform tersebut adalah produksi vaksin Moderna berdasarkan genetika virus.

Pada 7 Februari silam, para ilmuwan perusahaan telah memproduksi puluhan dosis vaksin tingkat klinis, cukup untuk uji coba awal NIH pada sukarelawan sehat. Uji coba itu telah terjadwal dan akan dilakukan pada April ini.

Nantinya, vaksin corona yang dikerjakan oleh Moderna ini akan berjenis “vaksin asam nukleat”, yang mengandung resep genetik untuk protein virus dalam bentuk DNA atau messenger RNA (mRNA). Itu membuat penerima manusia menghasilkan protein di dalam tubuh mereka. Belum ada vaksin virus yang terbuat dari asam nukleat yang dilisensikan untuk penggunaan manusia.

Sekarang, mari kita tunggu sambil berharap pengembangan vaksin corona yang dilakukan oleh Moderna atau organisasi, instansi, atau pihak-pihak terkait dapat berjalan dengan mulus dan dapat selesai secepatnya agar pandemi covid-19 yang telah memakan puluhan ribu korban jiwa ini lekas tertangani dan kita dapat kembali menjalani kehidupan seperti sedia kala.

Hidup Sehat, Penyakit Read More

Apa saja Efek Samping Minyak Wangi?

Minyak wangi berfungsi untuk membuat tubuh kita harum semerbak. Hal inilah yang menjadikan minyak wangi termasuk salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Selain mampu menyamarkan bau badan, aroma yang ditimbulkan minyak wangi juga dapat membangkitkan mood serta meredakan stres.

Minyak wangi terbagi dalam beberapa jenis dengan kandungan dan kekuatan aroma yang berbeda-beda. Yang paling umum dikenal adalah eau de parfum, eau de toilette, dan eau de cologne.

Apakah perbedaannya?

Eau de Parfum

Parfum memiliki konsentrat wangi yang paling tinggi, yakni 20-30 persen. Semakin tinggi konsentratnya, semakin tahan lama pula aromanya. Hal ini menjadikan parfum sebagai jenis minyak wangi yang paling mahal. Kita tidak perlu menggunakannya terlalu banyak. Satu semprotan saja, wanginya sudah menyergap. Rata-rata wangi parfum bisa bertahan antara 8-24 jam.

Eau de toilette

Eau de toilette mengandung 5-15 persen konsentrat wewangian. Kandungannya lebih banyak berisi alkohol dibandingkan dengan minyak esensial. Wangi eau de toilette hanya bertahan sebentar, yakni 2-3 jam. Biasanya, orang-orang menggunakan minyak wangi jenis ini pada siang hari karena tidak terlalu ‘berat’ seperti parfum.

Eau de cologne

 Cologne atau kolonye hanya mengandung 2-4 persen konsentrat wangi. Sisanya lebih banyak alkohol. Jenis minyak wangi ini hanya dapat bertahan selama beberapa jam. Karena itu, kolonye lebih cocok digunakan untuk menimbulkan sensasi segar ketimbang sebagai pewangi yang tahan lama.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai minyak wangi agar tidak salah pilih dan salah dalam menggunakannya. Tentunya, memilih dan menggunakan minyak wangi dengan tepat akan membuat kita tampil lebih percaya diri, serta terhindar dari efek samping.

Parfum yang dirilis para selebritis ternama memang tampak wah.Tak jarang, parfum-parfum ini membuat kita merasa lebih seksi, menarik, dan percaya diri. Tapi apakah kamu pernah mencoba untuk mengenali bahan-bahan di dalamnya? Jikapun sudah membaca jelas berbagai kandungannya, ada begitu banyak bahan dalam parfum yang sebenarnya sengaja tidak diungkapkan pada pembeli.

Terdapat undang-undang yang menjamin ‘rahasia dagang’ produsen, sehingga mereka menolak bermurah hati untuk mencantumkan seluruh bahan pada label. Masalahnya adalah jika kulitmu termasuk sensitif atau sedang dalam kondisi tertentu, bisa saja bahan-bahan kimia tersembunyi tersebut malah menimbulkan masalah kesehatan.

Selain alergi ringan, berikut masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat paparan bahan-bahan dari minyak wangi atau parfum:

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah ruam kulit akibat kontak dengan zat-zat tertentu. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, namun bisa mengganggu kenyamanan karena gejalanya yang berupa gatal-gatal, perih, sensasi terbakar, dan lainnya. Kondisi kulit ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa penanganan dari dokter. ANda bisa menerapkan cara-cara berikut di rumah: Hindari menggaruk agar kulit tidak makin iritasi. Berhenti menggunakan produk pemisunya, misalnya minyak wangi. Bersihkan area kulit yang terkena dengan sabun berbahan lembut dan air hangat. Oleskan losion kalamin atau krim hidrokortison untuk mengurangi gatal-gatal. Konsumsi obat antihistamin juga dapat dilakukan untuk meredakan reaksi alergi.

Gangguan pernapasan

Banyak sekali parfum yang mengandung sekelompok bahan kimia yang disebut phthalate. Para ahli menduga bahwa senyawa ini dapat mengganggu kesehatan pernapasan anak. Selain itu, paparan phthalate terhadap janin mungkin pula meningkatkan risiko anak untuk terkena ADHD.

Efek samping lainnya

Selain alergi, dermatitis kontak, dan gangguan pernapasan, ada pula efek samping parfum lain yang bisa terjadi. Mulai dari sakit kepala, mual, serangan asma, serta iritasi mata, hidung, dan tenggorokan. Khusus bagi ibu hamil atau yang sedang menjalani program hamil, disarankan untuk benar-benar mempertimbangkan dalam memilih serta menggunakan parfum. Bahan-bahan kimia dalam parfum yang perlu kita waspadai meliputi phthalate, styrene, galaxolide ketone, ethylene glycol, acetaldehyde, dan oxybenzone.

Untuk yang sensitif dengan bahan-bahan kimia dalam parfum, tapi ingin tetap wangi sepanjang hari, tak perlu khawatir. Pilihlah parfum yang mencantumkan semua bahannya secara jelas di label agar bisa berjaga-jaga. Bila memungkinkan, kita juga dapat membuat minyak wangi sendiri dari bahan-bahan alami dan minyak esensial. Dengan ini, kesehatan lebih terjamin.

Hidup Sehat Read More

Olahraga Untuk Mendapatkan Lingkar Perut Normal

Ternyata memiliki lingkar perut normal sangatlah penting. Mata mungkin merupakan jendela bagi jiwa Anda, tetapi perut yang Anda miliki dapat memberi tahu banyak tentang seberapa sehatnya tubuh Anda. Menurut para dokter dan peneliti dari Mayo Clinic, jumlah lemak yang Anda miliki di sekitar pinggang adalah indikator yang baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Mayo Clinic, orang-orang yang memiliki lingkar perut besar lebih mungkin meninggal lebih muda dan menderita sejumlah masalah terkait kesehatan daripada orang-orang dengan pinggang yang lebih kecil. Kesehatan Anda tidak hanya terlihat dari berat badan saja tapi juga dari bentuk tubuh.

Melakukan pengukuran di pinggang bukan hanya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki kelebihan berat badan atau kekurangan berat; lingkar perut juga sangat terkait dengan kesehatan hati Anda, sebagai petunjuk apakah Anda berisiko lebih tinggi untuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

“Mempunyai lingkar perut besar meskipun dalam kisaran berat badan normal juga memiliki kecenderungan implikasi kesehatan,” menurut Dr. James Cerhan profesor epidemiologi di Klinik Mayo di Rochester, Minnesota.

Orang dengan lingkar perut yang lebih besar cenderung mengalami penumpukan lemak di sekitar perut. Dimana lemak perut dianggap berbahaya karena disimpan di dekat organ internal, di mana ia dapat menyebabkan gangguan besar dan menyebabkan peningkatan risiko penyakit dalam tubuh Anda.

Menurut The Heart and Stroke Foundation, berikut adalah angka lingkar perut normal yang perlu Anda miliki dan menentukan apakah Anda memiliki resiko kesehatan, untuk Asia Selatan, Malaysia, Asia, Cina, Jepang, dan etnis Amerika Selatan dan Tengah, batas lingkar perut normal yang Anda miliki adalah 90 cm (35 inci) untuk pria dan 80 cm (32 inci) untuk wanita.

Jika lingkar perut Anda lebih besar dari itu, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda tentang apa langkah selanjutnya, termasuk menurunkan berat badan. Mengurangi ukuran lingkar pinggang dan perut dapat memberi Anda lebih banyak energi dan mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Berolahraga tentu membantu mengencangkan dan mengencangkan otot-otot di bawah lemak perut Anda, tetapi hal ini tidak memberikan hasil secara langsung di bagian pinggang. Kombinasi hidup sehat, makan, dan olahraga akan memberi Anda hasil yang terbaik. Berikut olahraga yang dapat dilakukan untuk mengurangi ukuran pinggang dan perut Anda:

  1. Yoga

Yoga mungkin sangat efektif untuk mendapatkan lingkar perut normal untuk Anda karena selain membakar kalori, yoga juga membantu Anda mengelola stres. Mulailah dengan yoga di bawah pengawasan seorang instruktur atau dengan mengikuti latihan yoga di rumah.

  1. Planks

Planks dapat melatih otot perut Anda, serta otot yang mengelilingi inti perut dan membantu Anda mendapatkan postur tubuh yang sehat.

Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu dengan menggunakan matras yoga tipis atau permukaan lain yang nyaman dan empuk.

Bernafas, angkat tubuh Anda bersamaan dengan lengan sehingga Anda sejajar dengan lantai. Cobalah untuk menstabilkan inti perut Anda saat Anda berada di posisi selama mungkin, dengan mengambil napas secara perlahan.

Anda dapat mencoba latihan planks secara bertahap, misalnya 30 detik, satu menit, atau lebih jika Anda bisa melakukannya. Lakukan latihan ini hingga beberapa set dengan jangka waktu yang lebih lama.

  1. Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT atau High Intensity Interval Training)

Olahraga HIIT mungkin lebih efektif dibandingkan dengan olahraga kardio tradisional dalam mengurangi jumlah lemak perut. Jenis latihan kardiovaskular ini melibatkan latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya seperti berlari, bersepeda, atau berlari sprint kira-kira 20-30 detik, diikuti oleh rentang kegiatan intensitas rendah seperti berjalan atau lari-lari kecil selama 60-90 detik. Olahraga ini dinilai sangat efektif karena memacu kerja jantung Anda dengan keras sehingga semakin banyak lemak yang dipakai untuk pembakaran. Tentu saja olahraga diatas juga tetap harus diiringi dengan konsumsi makanan sehat serta gaya hidup sehat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan seberapa banyak Anda harus menurunkan berat badan hingga mencapai lingkar perut normal.

Hidup Sehat Read More