Hipermagnesemia, Jumlah Magnesium Berlebih Di Tubuh

Hipermagnesemia adalah keadaan ketika Anda mengalami kadar magnesium yang berlebihan

Hipermagnesemia mengacu pada jumlah magnesium yang berlebihan dalam aliran darah Anda. Hal ini jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh gagal ginjal atau fungsi ginjal yang buruk.

Magnesium adalah mineral yang digunakan tubuh Anda sebagai elektrolit, artinya ia membawa muatan listrik ke seluruh tubuh ketika dilarutkan dalam darah.

Magnesium memiliki peran dalam kesehatan tulang, fungsi kardiovaskular, dan transmisi saraf, di antara fungsi-fungsi lainnya.  Sebagian besar magnesium disimpan dalam tulang Anda. 

Hipermagnesemia jarang terjadi dan terjadi ketika terlalu banyak magnesium bersirkulasi dalam darah Anda. Tubuh yang sehat mempertahankan kadar 1,7 hingga 2,3 miligram per desiliter (mg / dL) magnesium setiap saat. Sedangkan, tingkat magnesium yang tinggi adalah 2,6 mg / dL atau lebih.

Gejala-gejala hipermagnesemia meliputi:

  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan neurologis
  • Tekanan darah rendah abnormal (hipotensi)
  • Pembilasan
  • Sakit kepala

Tingkat magnesium yang sangat tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah jantung, kesulitan bernapas, dan syok. Bahkan dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan koma.

Orang dengan masalah ginjal yang mendasarinya beresiko mengalami hipermagnesemia, karena ginjal mereka mungkin tidak dapat mengeluarkan cukup magnesium.

Menghindari obat-obatan yang mengandung magnesium dapat membantu mencegah komplikasi. Obat-obatan ini termasuk beberapa antasida dan pencahar yang dijual bebas.

Selain itu, dokter disarankan untuk menguji hipermagnesemia pada siapa pun dengan ginjal berkinerja buruk yang mengalami gejala terkait.

Pada umumnya, diagnosis hipermagnesemia dilakukan dengan mengukur konsentrasi magnesium serum. Pengobatan untuk kondisi ini termasuk pemberian kalsium glukonat IV dan furosemide; selain itu, hemodialisis dapat membantu dalam kasus yang parah.

Jika didiagnosis dini, hipermagnesemia biasanya dapat diobati. Jika fungsi ginjal normal, ginjal dapat mengeluarkan kelebihan magnesium dengan cepat setelah sumbernya diidentifikasi dan dihentikan.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*