Ingin Lancar Menyusui, Konsumsi Buah Pelancar ASI Ini!

Menyusui adalah proses yang dilakukan hampir semua ibu baru. Namun, pada kenyataannya menyusui tak semuadah yang dibayangkan. Ada beberapa Ibu yang dapat dengan mudah menyusui bayinya, tetapi tidak sedikit pula Ibu yang berjuang untuk memberikan asupan yang terbaik untuk buah hatinya. 

Hampir semua Ibu akan melakukan apapun untuk memastikan pasokan air susu ibu (ASI) mencukupi, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan ataupun minuman. Untuk mendapatkan ASI yang berlimpah beberapa suplemen atau vitamin pun dikonsumsi, tidak terkecuali buah. Beberapa buah pelancar ASI pun kerap kali menjadi incaran untuk membuat ASI berlimpah. Apa sajakah buah pelancar ASI tersebut?

Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang memiliki gizi banyak untuk ibu menyusui. Keluhan yang paling sering muncul dari ibu menyusui adalah mereka sangat sering merasa lapar. Hal ini dikarenakan banyaknya kalori yang terbuang saat menyusui sehingga lebih cepat lapar. 

Alpukat memiliki hampir 80% lemak sehat yang dapat membantu menjaga tubuh agar kenyang lebih lama, serta sangat baik bagi jantung. Alpukat memiliki banyak sekali mengandung vitamin seperti vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C dan vitamin E.

Pepaya Hijau

Pepaya hijau dianggap sebagai galactagogue, yaitu zat yang dapat meningkatkan produksi ASI. Makan pepaya hijau dapat membuat ibu menyusui tetap terhidrasi. Selain itu, pepaya hijau juga pun mengandung banyak vitamin C non asam yang bertindak sebagai pelancar alami. Dengan demikian dapat menbantu mencegah sembelit pada ibu menyusui. Pepaya hijau dapat Anda konsumsi sebagai salad, jus ataupun dimakan begitu saja. 

Pisang

Buah pisang juga merupakan pencahar alami yang dapat membantu pencernaan. Pisang menjadi sumber serat alami yang dapat membantu sembelit Anda. Selain itu, kandungan potasium lah yang membuat buah ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, karena dapat menjaga keseimbangan cairan dan eletrolit Anda selama menyusui.

Blewah

Buah berawarna orange pada bagian daging dalamnya ini kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, tiamin dan folat. Dengan mengonsumsi blewah Anda akan tetap terhidrasi, karena tingginya kandungan air pada buah ini. Pun akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui. 

Strawberry

Buah yang agak sedikit masam ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan akan membantu membantu ibu menyusui untuk memenuhi 120 miligram vitamin C perhari seperti yang telah dianjurkan. Selain itu, strawberry memiliki kandungan air yang tinggi untuk membantu Anda tetap terhidrasi. Sangat penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi, karena jika Anda tidak mendapatkan cukup air maka akan berdampak pada seberapa banyak ASI yang akan dihasilkan. 

Blueberry

Manfaat buah blueberry yang paling baik adalah memiliki sifat antioksidan. Bluberry memiliki antioksidan yang paling tunggu dari buah apapun dan diharapkan manfaat tersebut akan menurun ke bayi. Dengan begitu akan membantu mencegah penyakit tertentu pada bayi.   

Makanan lain yang baik untuk melancarkan ASI

Selain buah-buahan di atas, banyak pula makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk dapat melancarkan ASI. Nah, berikut beberapa makanan atau camilan yang dapat membuat ASI Anda berlimpah.

Kacang

Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium dan juga zinc serta vitamin K dan vitamin B. Tidak hanya itu, kacang pun merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang baik bagi ASI.

Sayuran Berdaun Hijau

Mengonsumsi banyak sayuran hijau memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, dan juga akan menjadi sebuah kebiasaan baik yang akan menurun pada bayi Anda nantinya. Sayuran berdaun hijau mengandung fitostrogen yang telah terbukti memiliki efek positif pada produksi ASI. 

Beberapa ibu khawatir jika mengonsumsi brokoli atau kubis akan membuat bayi mereka rewel atau nangis terus menerus. Hal tersebut tidak benar, memang kedua sayuran tersebut dapat menyebabkan gas tetapi tidak akan dialirkan pada ASI yang mereka konsumsi. Jadi tidak akan terpengaruh sama sekali. 

Beberapa buah pelancar ASI di atas diharapkan dapat memabntu Anda yang sedang menyusui. Hal terpenting dalam memnyusui adalah bahagia. Saat ibu menyusui merasa senang dan bahagia, maka ASI yang mereka hasilkan pun akan berlimpah. Jadi menjaga mood untuk tetap baik saat menyusui adalah hal paling penting. 

Obat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*