Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertiroidisme

Salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar tiroid adalah hipertiroidisme

Salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar tiroid adalah hipertiroidisme. Kondisi itu terjadi ketika kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan.

Aktivitas di luar batas itu pada suatu waktu akan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. Padahal, jika bekerja secara normal, tiroid amat bermanfaat bagi manusia. Hormon tiroid ini sendiri mengatur banyak fungsi tubuh, di antaranya sistem saraf, perkembangan otak, dan suhu tubuh.

Gejala utama hipertiroid yang berkaitan dengan metabolisme ialah, denyut jantung sangat cepat, keringat berlebih, sulit tidur, hingga membuat penderitanya menjadi mudah cemas dan cepat tersinggung. Selain itu, gejala lain dari hipertiroidisme memungkinkan terjadinya pertumbuhan “tidak biasa” di tubuh seseorang.

Seperti timbulnya benjolan di sekitar leher, munculnya payudara di tubuh laki-laki, dan sebagainya. Gejala lain dari hipertiroidisme juga bisa membuat penderitanya merasa gatal, mual dan muntah, rambut menjadi halus dan rapuh sehingga mudah rontok, dan lain sebagainya. 

Gejala-gejala itu sebenarnya dapat diatasi dengan mudah jika penderita paham kuncinya. Nah, penderita sebenarnya hanya perlu menjaga dan memastikan kelenjar tiroid di dalam dirinya tetap seimbang, dan salah satu cara untuk mendapatkan itu adalah menjaga pola konsumsi. 

Ada beberapa aturan makanan yang harus dipatuhi oleh penderita hipertiroidisme, berikut ini adalah bahan-bahan konsumsi yang harus dihindari para penderita hipertiroidisme:

  • Gorengan

Gorengan menjadi kudapan favorit masyarakat Indonesia, meski banyak yang mengatakan bahwa jenis makanan ini tak baik untuk kesehatan. Penderita hipertiroidisme dianjurkan untuk menghindari gorengan untuk menjaga stabilitas kelenjar tiroidnya.

Gorengan tidak baik bagi penderita hipertiroidisme karena mengandung minyak dalam jumlah yang besar. Minyak inilah yang merupakan sumber kolesterol tinggi yang akan memicu produksi kelenjar tiroid di dalam tubuh seseorang. 

Lagi pula, lemak yang melekat pada camilan yang digoreng juga termasuk lemak tidak sehat dan akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  • Daging Merah

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam daging merah akan membuat keseimbangan hormonal tubuh menjadi terganggu. Bagi penderita hipertiroidisme, mengganti daging merah dengan ikan akan lebih baik untuk menstabilkan kadar tiroksin mereka. 

Tidak hanya itu, kelebihan konsumsi daging merah juga tidak baik bagi mereka yang juga mengalami penyakit lain, seperti serangan jantung, diabetes, atau kolesterol. Konsumsi daging merah berlebih berpotensi membuat penderita kesulitan dalam penyembuhan dari kondisi ini.

  • Makanan yang Mengandung Yodium

Yodium merupakan bahan yang mampu meningkatkan kinerja kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroksin. Makanan yang mengandung banyak yodium harus dihindari jika seseorang terkena gangguan hipertiroidisme.

  • Susu, Termasuk Produk Olahannya

Penelitian yang telah dilakukan oleh sebagian besar ilmuwan membuktikan bahwa susu dan produk olahannya tidak disarankan bagi pengidap hipertiroidisme. Hal ini bisa terjadi karena di dalam susu maupun produk olahan dari susu, seperti keju, yoghurt, dan sebagainya, terkandung penisilin yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Kafein

Kafein yang terkandung dalam minuman kopi atau teh mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai stimulan. Hal ini dapat membuat kinerja kelenjar tiroid semakin meningkat dan mengalami penurunan kondisi kesehatan bagi pengidap kondisi ini.

***

Itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari oleh para pengidap hipertiroidisme. Menjaga pola makan dapat membantu mereka mengontrol keseimbangan kelenjar tiroid di dalam tubuhnya. Sementara kelenjar tiroid yang seimbang akan membuat metabolisme tubuh tetap dalam koridornya sehingga seseorang diharapkan bisa terhindar dari gejala-gejala yang mungkin timbul dari hipertiroidisme itu sendiri.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*