Merasa Kembung? Lakukan Pencegahan Sebelum Minum Obat Kembung

obat kembung untuk atasi gejala perut kembung

Perut kembung disebabkan oleh gas yang terlalu banyak terperangkap di dalam sistem pencernaan. Akumulasi gas yang berlebihan ini menimbulkan sensasi tidak nyaman di perut bahkan dapat menimbulkan rasa sakit berlebih. 

Untuk mengatasi perut kembung, banyak orang memilih jalan pintas dengan mengonsumsi berbagai jenis obat kembung yang dijual bebas di pasaran. Namun sebenarnya, solusi untuk mengatasi perut kembung sebaiknya tidak melulu dengan obat. Pasalnya, banyak cara pencegahan dan pengobatan alami untuk jenis keluhan yang satu ini. 

Kenali Penyebab Kembung 

Pencegahan dapat dilakukan ketika Anda bisa mengenali terlebih dahulu mengenai penyebab sesuatu hal terjadi. Khusus untuk kasus perut kembung, ada banyak hal yang memicu gas berlebih yang pada akhirnya berujung pada kondisi ini. Berikut adalah beberapa contohnya. 

  • Makanan Berlemak 

Semakin besar kadar lemak pada sebuah makanan, sebuah tinggi pula kadar gas yang terkandung. Kerap mengonsumsi makanan berlemak pun akan membuat Anda lebih mudah menumpuk gas di dalam perut dan saluran pencernaan. 

  • Pola Makan Salah 

Makan terlalu banyak bisa membuat penumpukan gas di perut terjadi dengan cepat. Begitupun ketika Anda memiliki kebiasaan makan yang terlalu cepat. 

  • Sayur-sayuran dan Kacang

Sayur-sayuran dan kacang-kacangan memang sehat. Namun, kedua jenis makanan ini mengandung gas yang cukup tinggi, khususnya jenis sayuran hijau. 

  • Sembelit 

Sembelit merupakan kondisi tinja keras sehingga sulit dikeluarkan. Orang dengan sembelit umumnya hanya buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Tidak keluarnya tinja secara maksimal membuat penumpukan gas terjadi di sekitar perut. 

  • Soda 

Minuman bersoda mengandung asupan gas yang cukup tinggi. Jika terlalu sering mengkonsumsinya, gas dari soda akan mudah menumpuk di perut. 

  • Kehamilan

Kehamilan juga cenderung mudah membuat Anda mengalami perut kembung. Ini karena adanya peningkatan hormon progesteron yang membuat masalah di saluran pencernaan. 

Cara Mencegah Kembung 

Terlalu sering mengonsumsi obat kembung untuk mengurangi gas di perut tidaklah baik karena bagaimanapun obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia. Lebih baik Anda mengantisipasi rasa kembung dengan melakukan berbagai pencegahan berikut. 

  • Makan Sedikit dan Sering 

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dalam sekali waktu rentan membuat penumpukan gas di perut. Mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut dengan memilih cara makan secara sedikit-sedikit. Anda bisa membagi satu porsi makanan yang umum Anda makan ke dalam beberapa sesi yang dibagi tiap berapa jam. 

  • Batasi Konsumsi Gas 

Agar tidak kembung, tentu saja Anda harus membatasi asupan gas yang masuk ke sistem pencernaan. Membatasi konsumsi makanan tinggi serat dan minuman beralkohol bisa menjadi jawabannya. 

  • Konsumsi Suplemen Pencernaan 

Tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen pencernaan untuk mencegah kembung. Carilah suplemen yang bisa membentuk enzim tambahan guna memecah karbohidrat yang kerap tidak bisa dipecah di lambung sehingga menimbulkan masalah kembung. 

  • Olahraga Teratur 

Aktivitas fisik,tidak terkecuali olahraga, dapat membuat kinerja usus meningkat. Usus yang bekerja optimal dapat membantu mengeluarkan gas berlebih dari saluran pencernaan. 

Penanganan Alami

Ketika sudah terlanjur mengalami kembung, sebenarnya Anda bisa mengurangi gejalanya dengan penanganan yang alami. Penanganan tanpa obat kembung ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan natural atau cara lain seperti di bawah ini. 

  • Memijat Perut 

Jika dilakukan dengan tepat, memijat perut bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang menjadi penyebab kembung. Tempatkan tangan tepat di atas pinggul kanan dan lakukan gerakan memutar sampai bergerak ke arah atas pinggul kiri. Lanjutkan dengan mengurut pelan dari bagian tengah bawah perut sampai ke arah tulang rusuk. 

  • Mandi Air Hangat 

Rasa kembung akan semakin terasa ketika Anda panik menghadapinya. Cobalah untuk rileks sejenak dengan berendam atau mandi air hangat. Relaksasi ini bisa membuat saluran pencernaan bekerja lebih maksimal sehingga gas lebih cepat keluar. 

  • Perbanyak Minum Air Mineral 

Air putih bisa membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam usus atau saluran pencernaan lain. Ketika mulai merasa kembung, cobalah untuk memperbanyak minum air mineral guna mengurangi gejala rasa tidak nyaman dan sakit yang dialami. 

*** 

Pencegahan dan cara alami mengatasi rasa kembung dapat membuat Anda bebas dari ketergantungan obat. Obat kembung bisa Anda pilih sebagai opsi terakhir apabila rasa tidak nyaman sudah terlalu berat. Baiknya pula obat yang Anda konsumsi sudah dikonsultasikan dulu ke tim medis.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*