Perilaku Abusive: Apa Yang Perlu Diketahui?

Menjalin suatu hubungan belum tentu menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Suatu hubungan bisa saja melibatkan kekerasan atau perilaku abusive (abusif). Perilaku tersebut sering terjadi dalam suatu hubungan antarpasangan. Perilaku abusive tidak hanya melibatkan kekerasan secara fisik, namun juga melibatkan kekerasan dalam bentuk emosional atau seksual.

Dampaknya Bagi Korban

Jika masalah seperti ini dibiarkan terjadi, maka akan berdampak buruk bagi korban. Orang-orang yang memiliki perilaku abusive dapat membuat pasangan atau orang lain merasa kurang percaya diri, takut, bahkan ingin sembunyi dari kenyataan dimana masalah tersebut dapat menghantui mereka.

Tanda-Tanda Perilaku Abusive

Untuk mengetahui bahwa seseorang memiliki perilaku abusive, berikut adalah beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan:

  1. Mengatur pasangan

Tanda seperti ini menunjukkan bahwa seseorang ingin pasangannya untuk melakukan apa yang dia inginkan atau tidak, seperti menyiapkan makanan untuknya, melarangnya untuk pergi bersama teman, mengenakan pakaian sesuai kemauannya, atau meminta pasangan untuk memberi kabar setiap saat.

  • Kekerasan verbal dan emosional

Perilaku abusive tentunya termasuk kekerasan verbal. Banyak pasangan yang mengalami masalah seperti ini. Jika masalah tersebut tidak diperbaiki, masalah tersebut mungkin akan berujung dengan perceraian. Contoh kekerasan verbal yang sering dialami pasangan adalah perbedaan pendapat tentang sesuatu atau ancaman jika tidak mematuhi apa yang dikatakan pasangan.

Selain itu, perilaku abusive juga melibatkan emosional dimana seseorang dapat membuat pasangannya marah terhadap masalah yang terjadi, atau sedih karena merasa tidak tangguh dalam menghadapi masalah dengan pasangan.

  • Kekerasan fisik

Masalah seperti ini juga sering dialami oleh pasangan yang sudah menikah. Istilah tersebut disebut sebagai kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Masalah ini tidak hanya terjadi secara verbal, namun juga terjadi secara fisik. Contoh kekerasan fisik yang terjadi adalah memukul atau menampar mereka.

  • Kekerasan seksual

Kekerasan seksual adalah perilaku abusive yang terjadi dengan memaksa pasangan atau orang lain berhubungan secara seksual dengan memeluk, mencium, dan merabanya.

  • Masalah finansial

Perilaku abusive seperti ini juga sering terjadi. Seseorang mungkin ingin mengambil alih uang yang dimiliki, namun tidak memberikan sejumlah uang kepada pasangan, atau jumlah yang diterima kurang untuk membeli kebutuhan pokok.

  • Melibatkan anak

Perilaku abusive juga melibatkan anak dimana pengaruh orang tua memberikan dampak bagi anak. Kekerasan yang dialami orang tua membuat anak ingin meniru hal tersebut, atau melawan orang tuanya.

Cara Mengatasi Perilaku Abusive

Perilaku abusive dalam bentuk apapun dapat mempengaruhi fisik atau mental manusia. Selain itu, perilaku abusive juga dapat terjadi baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi perilaku abusive:

  1. Ubah prioritas Anda

Perilaku abusive dapat memanipulasi rasa simpati korban, dan seringkali membuat korban mengabaikan diri sendiri dan menjaga pelaku. Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga perlu memikirkan diri sendiri.

  • Tetapkan batasan

Jika Anda adalah salah satu korban kekerasan psikologis atau emosional, Anda perlu menetapkan batasan dengan orang yang melakukan pelecehan untuk mencegah masalah seperti ini.

  • Laporkan kepada pihak berkaitan

Jika Anda mengalami kekerasan dalam bentuk fisik, verbal, atau bentuk lain yang menyakiti Anda, Anda sebaiknya laporkan masalah ini kepada pihak yang berkaitan agar Anda dapat dilindungi dari orang yang telah melakukan kekerasan terhadap Anda.

  • Lupakan masalah yang terjadi

Jika Anda pernah mengalami perilaku abusive oleh pasangan atau orang lain, Anda sebaiknya melupakan masalah tersebut atau move on. Anda juga perlu pikirkan tentang kehidupan Anda di masa depan.

Anda juga dapat meminta bantuan kepada seorang ahli atau terapi untuk mengatasi masalah seperti ini. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menghadapi masalah yang dialami sendiri. Orang lain dapat membantu mengatasi masalah Anda.

Kesimpulan

Itulah perilaku abusive yang perlu Anda pahami. Masalah seperti ini dapat diatasi dengan cara-cara yang disebutkan di atas. Anda perlu membela diri terhadap orang yang melakukan kekerasan terhadap Anda, karena Anda akan melakukan hal yang benar.

Kesehatan Mental

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*