Sabun Pemutih Badan Dari Pepaya Apakah Efektif?

Pepaya merupakan buah yang banyak tumbuh di bagain tropis belahan bumi barat. Selain rasanya yang lezat, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat, terutama bagi kulit tubuh. Buah ini digunakan dalam produk-produk kecantikan, dengan saat ini banyak orang menggunakan sabun pemutih badan dari pepaya untuk meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit. Sabun pepaya merupakan sabun pemutih badan yang dapat mencerahkan kulit kusam. Apabila Anda memiliki bekas luka gelap dan perubahan warna pada daerah kulit tertentu, sabun pepaya ini dapat mengurangi tampilan noda-noda gelap tersebut.

Sabun pemutih badan dari pepaya merupakan sabun yang lembut dan alami, sehingga aman digunakan untuk bagian tubuh manapun, termasuk wajah. Sabun batang biasa dapat membersihkan kotoran. Namun, sabun jenis ini biasanya terlalu keras untuk kulit, dan malah dapat menghilangkan minyak alami sehingga membuat kulit menjadi kering. Bahkan, beberapa jenis sabun mengandung deterjen sintetis dan bahan-bahan lain yang tidak hanya membersihkan kotoran, tetapi juga menghilangkan kelembapan alami kulit. Sabun jenis ini malah akan membuat kondisi-kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosacea menjadi lebih parah, membuat kulit menjadi gatal dan kering.

Di sisi lain, sabun pepaya terbuat dari bahan-bahan yang alami. Sabun ini mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah protein. Enzim tersebut mendukung pencernaan yang sehat, dan dapat bertindak sebagai anti-peradangan.

Manfaat sabun pepaya

Buah pepaya mengandung nutrisi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Sabun pemutih badan pepaya kaya akan kandungan vitamin C, sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak rata dan menstimulasi produksi kolagen. Sabun ini juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lain untuk kesehatan kulit. Vitamin A dapat mendukung produksi sel-sel kulit baru, dan dapat membantu mengurangi noda hitam dan bekas kulit. Selain mencerahkan kulit, sabun pemutih badan dari pepaya juga bermanfaat untuk:

  • Eksfoliasi

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengeksfoliasi kulit dan memberikannya tampilan yang lebih sehat. Eksfoliasi dapat membersihkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Melakukan eksfoliasi secara rutin menggunakan sabun pemutih badan dari pepaya akan membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. Eksfoliasi juga dapat meratakan warna kulit.

  • Perawatan jerawat

Apabila Anda memiliki kulit yang rentan terkena jerawat, papain dengan efektif dapat membersihkan keratin yang rusak. Keratin merupakan protein utama kulit, namun penumpukan protein ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kekuatan eksfoliasi dari sabun pemutih badan pepaya juga dapat mencegah sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori, sehingga dapat mengurangi terjadinya jerawat.

  • Meringankan rasa sakit akibat gigitan serangga

Menggosok sabun pepaya di atas bekas gigitan serangga di kulit dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal, pembengkakan, dan kemerahan yang dialami. Hal ini dikarenakan papain dapat mengurangi peradangan dan mendukung penyembuhan luka. Beberapa racun serangga juga mengandung peptid, yang mana merupakan balok pembangun protein. Papain dapat memecah protein ini dan meringankan gejala iritasi kulit.

Apabila Anda memiliki noda hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak rata, sabun pemutih badan dari pepaya dapat membantu menyamarkan corak kulit tersebut. Hiperpigmentasi merupakan penggelapan warna kulit. Karena sabun pemutih badan pepaya dapat membersihkan sel-sel kulit mati, sabun tersebut perlahan akan mengurangi tampilan noda-noda gelap dan mencerahkan warna kulit. Sabun pemutih badan pepaya juga dipercaya dapat mengurangi produksi melanin berlebih. Namun klaim tersebut tidak didukung oleh bukti-bukti studi atau penelitian ilmiah.

Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*